Welcome at PT. Tembaga Mulia Semanan ,Tbk. Need a quote, please contact us at 021 619 0128, or email us at sales@pttms.co.id
Friday, 17/05/2019

PENGUMUMAN RINGKASAN RISALAH RUPS TAHUNAN

PT. TEMBAGA MULIA SEMANAN Tbk
(“Perseroan”)

PENGUMUMAN RINGKASAN RISALAH
RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM TAHUNAN

Direksi Perseroan dengan ini memberitahukan kepada para Pemegang Saham Perseroan bahwa Perseroan telah mengadakan Rapat Umum Tahunan (‘Rapat”) sebagai berikut :

A. Hari/tanggal : Rabu, 15 Mei 2019
Waktu    : Pukul 14.14 WIB – 15.31 WIB
Tempat : Hotel Pullman, Central Park, Room Warhol 1 & 2 Jln. Let. Jend. S. Parman Kav. 28, Jakarta 11470
Mata Acara Rapat:

  1. Persetujuan Laporan Tahunan termasuk Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31-12-2018 (tiga puluh satu Desember dua ribu delapan belas) dan Pengesahan atas Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31-12-2018 (tiga puluh satu Desember dua ribu delapan belas).
  2. Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31-12-2018 (tiga puluh satu Desember dua ribu delapan belas).
  3. Penunjukan Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk mengaudit buku Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31-12-2019 (tiga puluh satu Desember dua ribu sembilan belas).
  4. Perubahan Pengurus Perseroan.
  5. Penetapan Gaji dan Honorarium berikut fasilitas serta tunjangan lainnya untuk anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun 2019 (dua ribu sembilan belas).
  6. Perubahan Anggaran Dasar Perseroan.

B. Pengumuman dan Pemanggilan untuk Rapat telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Pasal 21 ayat (2) Anggaran Dasar Perseroan dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.32/POJK.04/2014 Tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka, yaitu sebagai berikut:

  1. Pemberitahuan mengenai rancana akan diselenggarakannya Rapat kepada Otoritas Jasa Keuangan melalui suratnya tertanggal 29-3-2019 (dua puluh sembilan Maret dua ribu sembilan belas) nomor 007/TMS/III/2019 yang kemudian terdapat revisi agenda pada surat Perseroan tanggal 12-4-2019 (dua belas April dua ribu sembilan belas), nomor 016/TMS/IV/2019;
  2. Pengumuman kepada pemegang saham mengenai akan dilakukannya Pemanggilan Rapat telah dilakukan dengan memasang iklan pada 1 (satu) surat kabar harian berbahasa Indonesia, yaitu harian “BISNIS INDONESIA” serta mengunggah pada situs web Bursa Efek Indonesia dan situs web Perseroan pada tanggal 8-4-2019 (delapan April dua ribu sembilan belas).
  3. Pemanggilan kepada pemegang saham mengenai penyelenggaraan Rapat telah dilakukan dengan memasang iklan pada 1 (satu) surat kabar harian yang sama tersebut di atas, serta mengunggah pada situs web Bursa Efek Indonesia dan situs web Perseroan pada tanggal 23-4-2019 (dua puluh tiga April dua ribu sembilan belas).

C. Anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang hadir dalam Rapat :

DEWAN KOMISARIS
Presiden Komisaris : ELLY SOEPONO
Komisaris : MASAO TERAUCHI
Komisaris : SHIGERU NAKASHIMA
Komisaris Independen : DEWA NYOMAN ADNYANA
Komisaris Independen : WANTINA DHARMAWI

DIREKSI
Presiden Direktur : SATOSHI TOSAKA
Direktur : KENJI YAMAGUCHI
Direktur : HERRY CAHYO TRI YUNIARTO
Direktur Independen : HENGKY KARTASASMITA

D. Jumlah pemegang saham dan/atau kuasa pemegang saham yang hadir sejumlah 326.666.400 (tiga ratus dua puluh enam juta enam ratus enam puluh enam ribu empat ratus) saham atau 88,93% (delapan puluh delapan koma tiga sembilan tiga persen) dari jumlah seluruh saham dengan hak suara yang telah dikeluarkan Perseroan yang seluruhnya berjumlah 367.340.000 (tiga ratus enam puluh tujuh juta tiga ratus empat puluh ribu) saham, dengan memperhatikan Daftar Pemegang Saham Perseroan per tanggal 22 April 2019 sampai dengan pukul 16.00 WIB, sehingga karenanya kuorum yang disyaratkan dalam Pasal 23 ayat 1 butir (a) Anggaran Dasar Perseroan juncto Pasal 26 ayat 1 huruf (a) POJK nomor 32/POJK.04/2014 telah dipenuhi dan Rapat adalah sah dan berhak untuk mengambil keputusan yang sah dan mengikat mengenai hal-hal yang dibicarakan sesuai dengan Acara Rapat.

E. Rapat dipimpin oleh tuan DEWA NYOMAN ADNYANA selaku Komisaris Independen Perseroan sebagaimana penunjukan Dewan Komisaris tertanggal 1-5-2019 (satu Mei dua ribu sembilan belas) nomor 009/TMS//V/2019 sesuai ketentuan Pasal 22 Anggaran Dasar Perseroan.

F. Kesempatan Mengajukan Pertanyaan dan/atau memberikan Pendapat.
Dalam agenda Rapat tersebut telah diberikan kesempatan kepada pemegang saham dan/atau kuasa pemegang saham untuk mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan pendapat/saran.

G. Untuk seluruh Mata Acara dalam Rapat tidak ada Pemegang Saham dan /atau Kuasa Pemegang Saham yang mengajukan Pertanyaan maupun tanggapan mengenai hal yang dibahas dalam Rapat.

H. Mekanisme pengambilan keputusan dalam Rapat dilakukan secara musyawarah untuk mufakat. Namun apabila musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, maka pengambilan keputusan dalam Rapat dilakukan dengan cara pemungutan suara (voting) dimana pada seluruh acara Rapat dilakukan dengan pemungutan suara secara terbuka.

I. Hasil Pengambilan Keputusan/Pemungutan Suara
Pengambilan keputusan acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan seluruhnya di setujui dengan suara bulat secara musyawarah untuk mufakat.

J. Dalam Rapat tersebut telah diambil keputusan yaitu sebagaimana termuat dalam akta “Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT TEMBAGA MULIA SEMANAN Tbk” tertanggal 15 Mei 2019 nomor 91, yang minuta aktanya dibuat oleh, Notaris ASHOYA RATAM SH., Mkn, yang pada pokoknya adalah sebagai berikut

Dalam Acara Pertama dari Rapat:
“Rapat dengan suara bulat atas dasar musyawarah untuk mufakat memutuskan:
1. Menyetujui Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2018 (dua ribu delapan belas) termasuk Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan; dan
2. Mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2018 (dua ribu delapan belas) yang terdiri dari Neraca dan Perhitungan Laba dan Rugi Perseroan, yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik PURWANTONO, SUNGKORO & SURJA, dengan pendapat “Wajar dalam semua hal material” sesuai dengan laporannya nomor 00301/2.1032/AU.1/04/0696-1/1/III/2019;
-dengan disetujuinya Laporan Tahunan, termasuk Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris dan disahkannya Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2018 (dua ribu delapan belas) tersebut, maka Rapat juga memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (“volledig acquit et de charge”) kepada segenap anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2018 (dua ribu delapan belas), sejauh tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku 2018 (dua ribu delapan belas) tersebut, kecuali perbuatan penipuan, penggelapan atau tindak pidana lainnya”.

Dalam Acara Kedua dari Rapat:
“Rapat dengan suara bulat atas dasar musyawarah untuk mufakat memutuskan:
- Menyetujui menggunakan laba Komprehensif tahun berjalan Perseroan tahun buku 2018 (dua ribu tujuh belas) yang berjumlah USD6.377.441 (enam juta tiga ratus tujuh puluh tujuh ribu empat ratus empat puluh satu Dollar Amerika Serikat) dengan rincian sebagai berikut :
1. a. sebesar USD955.084 (sembilan ratus lima puluh lima ribu delapan puluh empat Dollar Amerika Serikat) atau USD0,00260 ( nol koma nol nol dua enam nol Dollar Amerika Serikat) per saham dibagikan sebagai dividen tunai tahun buku 2018 (dua ribu delapan belas) kepada para pemegang saham Perseroan; dan
b. memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk mengatur lebih lanjut mengenai tata cara pembagian Dividen tersebut dengan memperhatikan Peraturan Bursa Efek Indonesia; dan
2. sisanya sebesar USD5.422.357 (lima juta empat ratus duapuluh dua ribu tiga ratus lima puluh tujuh Dollar Amerika Serikat) akan dibukukan sebagai laba ditahan untuk kegiatan usaha Perseroan.”

Dalam Acara Ketiga dari Rapat:
“Rapat dengan suara bulat atas dasar musyawarah untuk mufakat memutuskan Menyetujui:
memberi kuasa dan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan dengan memperhatikan rekomendasi Komite Audit untuk menunjuk Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan yang akan memeriksa laporan posisi keuangan dan perhitungan laba rugi komprehensif dan bagian-bagian lain laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang akan berakhir pada tanggal 31-12-2019 (tiga puluh satu Desember dua ribu sembilan belas), dan menetapkan jumlah honorarium Akuntan Publik tersebut serta persyaratan lain mengenai penunjukkannya”.

Dalam Acara Keempat dari Rapat:
“Rapat dengan suara bulat atas dasar musyawarah untuk mufakat memutuskan Menyetujui:
1. Mengangkat kembali :
- Tuan SATOSHI TOSAKA sebagai Presiden Direktur;
- Tuan KENJI YAMAGUCHI sebagai Direktur
- Tuan HERRY CAHYO TRI YNUARTO sebagai Direktur
- Tuan HENGKY KARTASASMITA sebagai Direktur Independen
- Nyonya ELLY SOEPONO sebagai Presiden Komisaris
- Tuan MASAO TERAUCHI sebagai Komisaris
- Tuan SHIGERU NAKASHIMA sebagai Komisaris
- Tuan DEWA NYOMAN ADNYANA sebagai Komisaris Independen
- Nyonya WANTINA DHARMAWI sebagai Komisaris Independen

2. Mengangkat :
- Tuan MITSURU YANASE sebagai Direktur

Sehingga dengan demikian susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat ini sebagai berikut :

DIREKSI :
Presiden Direktur : Tuan SATOSHI TOSAKA
Direktur : Tuan KENJI YAMAGUCHI
Direktur : Tuan MITSURU YANASE
Direktur : Tuan HERRY CAHYO TRI YUNIARTO
Direktur Independen : Tuan HENGKY KARTASASMITA

DEWAN KOMISARIS :
Presiden Komisaris : ELLY SOEPONO
Komisaris : MASAO TERAUCHI
Komisaris : SHIGERU NAKASHIMA
Komisaris Independen : DEWA NYOMAN ADNYANA
Komisaris Independen : WANTINA DHARMAWI

-masa jabatan seluruh anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris tersebut akan berakhir pada saat ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang akan diselenggarakan pada tahun 2021 (dua ribu dua puluh satu).

- Menyetujui pemberian kuasa kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk menyatakan kembali keputusan agenda keempat dari Rapat ke dalam akta Notaris dan selanjutnya memberitahukan perubahan susunan anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, mendaftarkannya dalam daftar Perseroan, serta untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia.

Dalam Acara Kelima dari Rapat:
“Rapat dengan suara bulat atas dasar musyawarah untuk mufakat memutuskan Menyetujui:
Memberikan pelimpahan kewenangan kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan besarnya gaji dan tunjangan lainnya bagi anggota Direksi Perseroan untuk tahun buku 2019 (dua ribu sembilan belas), sedangkan besarnya gaji dan tunjangan lainnya bagi anggota Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2019 (dua ribu sembilan belas) peningkatannya tidak lebih 10% (sepuluh persen) dari tahun lalu”.

Dalam Acara Keenam dari Rapat:
Guna memenuhi ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 24/2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.
“Rapat dengan suara bulat atas dasar musyawarah untuk mufakat memutuskan Menyetujui:

  1. Menyetujui perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan mengenai Maksud dan Tujuan serta kegiatan usaha Perseroan sesuai dengan konsep yang ditayangkan dalam Rapat;
  2. Menyetujui pemberian wewenang kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk menyatakan kembali keputusan ini ke dalam akta Notaris dan mengajukan permohonan persetujuan dan/atau memberitahukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Untuk maksud tersebut melakukan tindakan lain yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

K. JADWAL DAN TATA CARA PEMBAYARAN DIVIDEN TUNAI.

1. Adapun pembagian Dividen tunai dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut :

NO. KETERANGAN TANGGAL

  1. Pemberitahuan Pembagian Dividen dan jadwal ke Bursa dan OJK (17 Mei 2019)
  2. Pengumuman di Bursa dan iklan di surat kabar (17 Mei 2019)
  3. Akhir Periode Perdagangan Saham Dengan Hak Dividen (Cum Dividen) :
    • Pasar Reguler dan Negosiasi (23 Mei 2019)
    • Pasar Tunai (27 Mei 2019)
  4. Awal Periode Perdagangan Saham Tanpa Hak Dividen (Ex Dividen):
    • Pasar Reguler dan Negosiasi (24 Mei 2019)
    • Pasar Tunai (28 Mei 2019)
  5. Tanggal Daftar Pemegang Saham yang berhak atas Dividen (Record date) (27 Mei 2019)
  6. Tanggal Pembayaran Dividen 14 Juni 2019

2. Pembayaran Dividen akan dilakukan dengan tata cara sebagai berikut :

  1. Yang berhak menerima dividen tunai adalah Para Pemegang Saham yang namanya tercatat pada Daftar Pemegang Saham Perseroan per tanggal 27 Mei 2019 dan/atau pemilik saham Perseroan pada Sub Rekening Efek di PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada penutupan perdagangan tanggal 27 Mei 2019 sampai dengan pukul 16.00 Waktu Indonesia Barat.
  2. Bagi Pemegang Saham yang sahamnya dimasukkan dalam penitipan kolektif KSEI, pembayaran dividen akan dilaksanakan melalui KSEI dan akan didistribusikan ke dalam rekening Perusahaan Efek dan/atau Bank Kustodian pada tanggal 14 Juni 2019. Bukti pembayaran dividen tunai akan disampaikan oleh KSEI kepada Pemegang Saham melalui Perusahaan Efek dan/atau Bank Kustodian dimana Pemegang Saham membuka rekening efek.
  3. Bagi Pemegang Saham yang masih menggunakan warkat, pembayaran dividen hanya akan dilakukan melalui pemindah-bukuan (transfer bank) ke rekening Pemegang Saham. Untuk itu, Pemegang Saham diminta memberitahukan Nomor Rekening Bank melalui surat tertulis yang ditanda tangani diatas materai, paling lambat diterima tanggal 27 Mei 2019 pukul 16.00 WIB kepada Biro Administrasi Efek Perseroan, PT. Sirca Datapro Perdana, Jalan Johar No. 18 Menteng, Jakarta 10340, Telepon (021) 3900645 (“BAE”) tanpa dikenakan biaya administrasi. Jika Pemegang Saham tidak memiliki rekening bank, dimohon menghubungi BAE Perseroan seperti tersebut di atas untuk proses pembayaran.
  4. Untuk pembayaran dividen dalam mata uang Rupiah akan dibayarkan dengan nilai setara dengan dividen yang dibayarkan dalam mata uang Dollar Amerika Serikat berdasarkan Kurs Tengah yang ditetapkan oleh Bank Indonesia pada tanggal pencatatan (recording date) pemegang saham yang berhak atas dividen dalam Daftar Pemegang Saham tanggal 27 Mei 2019.
  5. Dividen Tunai tersebut akan dikenakan pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Jumlah pajak yang dikenakan akan menjadi tanggungan Pemegang Saham yang bersangkutan serta dipotong dari jumlah dividen tunai yang menjadi hak Pemegang Saham yang bersangkutan.
  6. Bagi Pemegang Saham yang merupakan Wajib Pajak Dalam Negeri berbentuk Badan Hukum yang belum mencantumkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) diminta menyampaikan NPWP kepada KSEI atau BAE paling lambat diterima tanggal 27 Mei 2019 pukul 16.00 WIB. Tanpa adanya NPWP, dividen tunai yang dibayarkan akan dikenakan PPh sebesar 30%.
  7. Bagi Pemegang Saham yang merupakan Wajib Pajak Luar Negeri yang pemotongan pajaknya akan menggunakan tarif berdasarkan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda (P3B), wajib memenuhi persyaratan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-25/PJ/2018 tentang Tata Cara Penerapan P3B serta menyampaikan form DGT atau tanda terima e-SKD kepada BAE (bagi Pemegang Saham yang masih menggunakan warkat) dan kepada KSEI (bagi Pemegang Saham yang tercatat dalam penitipan kolektif KSEI) paling lambat 27 Mei 2019 pukul 16.00 WIB atau sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh KSEI. Tanpa adanya dokumen dimaksud, dividen tunai yang dibayarkan akan dikenakan Pph Pasal 26 sebesar 20%.
  8. Bagi Pemegang Saham yang sahamnya telah tercatat dalam penitipan kolektif KSEI , bukti pemotongan pajak dividen tunai dapat diambil di Perusahaan Efek dan/atau Bank Kustodian dimana Pemegang Saham membuka rekening efeknya, dan bagi Pemegang Saham warkat akan dikirim ke alamat Pemegang Saham.
  9. Apabila terdapat masalah perpajakan di kemudian hari atau klaim atas dividen tunai yang telah diterima, maka Pemegang Saham yang sahamnya disimpan dalam penitipan kolektif KSEI diminta untuk menyelesaikannya dengan Perusahaan Efek dan/atau Bank Kustodian di mana Pemegang Saham membuka Rekening Efek.

Pengumunan ini merupakan pemberitahuan resmi dari Perseroan dan Perseroan tidak mengeluarkan surat pemberitahuan secara khusus kepada Pemegang Saham.

Jakarta, 17 Mei 2019
PT. TEMBAGA MULIA SEMANAN, Tbk
DIREKSI